Rabu, 06 Oktober 2010

Koperasi SMP ku

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa koperasi singkatan dari co & operation, dalam pengertiannya koperasi ialah kumpulan orang- orang untuk bekerja sama demi kesejahteraan bersama. Berdasarkan undang-undang nomor 12 tahun 1967, koperasi indonesia adalah organisasi ekonomi rakyat yang berwatak sosial dan beranggotakan orang-orang, badan-badan hukum koperasi yang merupakan tata susunan ekonomi sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan. Unsur elemen koperasi ada 4 macam, yaitu : anggota koperasi, pengurus koperasi, rapat anggota, badan pemeriksa koperasi.

Biasanya koperasi terdapat juga di sekolah, anggota- anggota koperasi sekolah terdiri atas siswa sekolah, guru, karyawan dan warga- warga lingkungan sekitar sekolah. Koperasi sekolah dapat didirikan pada berbagai tingkatan sesuai jenjang pendidikan, misalnya koperasi Sekolah Dasar (SD), koperasi Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Begitu juga dengan sekolahku waktu di SMP pun terdapat koperasi, koperasi SMP ku menyediakan kebutuhan sekolah, yaitu: Alat Tulis dan Kerja (ATK) seperti pulpen, pensil, tipe-x, spidol, penghapus, buku tulis maupun buku gambar, kertas ulangan dan lembar kerja siswa (LKS). Selain menjual alat- alat tulis koperasi SMP ku juga menjual perlengkapan sekolah, misalnya topi sekolah, ikat pinggang, baju seragam, baju olahraga. Koperasi sekolahku di waktu SMP di jaga oleh pengurus koperasi yang ramah- ramah, aku kalau lupa memakai dasi langsung membeli dasi di koperasi begitu juga dengan siswa- siswa yang lain. Biasanya koperasi dipenuhi siswa- siswi sebelum masuk sekolah atau jam istirahat untuk membeli alat- alat tulis, agar KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) tertib. Harga- harga yang di jual koperasi SMP ku termasuk murah dibandingkan di mall, karena sebagaimana fungsinya koperasi adalah mensejahterahkan anggota. Koperasi SMP ku juga menerima jasa penyimpanan uang atau tabungan, besarnya tabungan di tentukan oleh anggotanya. Bagaimana dengan Koperasi sekolah anda ??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar