Minggu, 02 Januari 2011

Tradisi Tahun Baru

Tak terasa tahun 2010 sudah lewat ya, dan sekarang sudah tahun 2011 aja nie. Tradisi menyambut tahun baru berbeda- beda di setiap daerah, orang maupun negara.
Sekarang saya ingin menceritakan tradisi tahun baru di keluarga saya, yaitu setiap pukul 24.00 wib saya beserta keluarga mengadakan kebaktian ujung tahun dan sekaligus meminta maaf kepada keluarga yang lain atas kesalahan saya selama satu tahun. Selesai kebaktian ada yang jalan- jalan keluar rumah, ada yang mengobrol maupun tidur kembali. Ketika tanggal 1 Januari, kami pergi ke rumah nenek dari mama dengan keluarga mama yang lainnya untuk merayakan tahun bersama dengan acara makan- makan, ngobrol- ngbrol bahkan 1 Januari kemarin ketika saya dan saudara- saudara yang lain selesai makan kami diajak om untuk berkaraokean di tempat karaokean yang punya seorang penyanyi dangdut ternama di sebuah mall Jakarta. Kami khususnya yang muda- muda bernyanyi dan berjoget bersama dengan gembira, bahkan tak terasa waktu sudah 2 jam, kami pun harus pulang ke rumah nenek lagi. Ketika kami sudah sampai rumah nenek, kami pun ditanya nenek kenapa lama sekali perginya. Setelah itu kami kembali ngobrol- ngobrol sampai malam dan sebelum pulang kami seperti biasa di beri uang dengan nenek yang totalnya semua sama agar tidak ada yang iri.
Hari ke 2 di tahun baru, acara diadakan dirumah saya dengan saudara- saudara dari papa. Halnya orang batak yang lain, tak jauh- jauh dari bernyanyi bersama bahkan sepupu yang kecil pun ikut bernyanyi juga. Sepupu yang kecil di beri uang dengan mama, layaknya anak kecil mereka senang sekali ketika mama memberi uang kepada mereka. Setelah mereka sudah bosan, mereka merengek untuk meminta pulang karena mereka juga sudah kelihatan cape sekali. Akhirnya pun, orangtua mereka pun menghendaki mereka untuk pulang.
Bagaimana dengan tradisi anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar